PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN KOMPUTER MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT


Tujuan blog ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint untuk menunjang proses pembelajaran,serta mengetahui kelayakan produk berupa media pembelajaran Microsoft Office.

pengembangan media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint ini terdiri dari 4 tahap yaitu:

(1) Tahap pendahuluan; 

(2) Taha p pengembangan produk; 

(3) Tahap uji coba produk; 

(4) Tahap distribution yaitu pembuatan master file serta dokumentasi system dalam bentuk CD (compact disk) . 

Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan menganalisis data-data kuantitatif hasil uji ahli, uji terbatas dan uji luas. Data kuantitatif yang berupa angka-angka hasil pengukuran dijumlahkan kemudian dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan sehingga diperoleh persentase kelayakan. 

Hasil penelitian kelayakan media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint pada Gambar Teknik,standar kompetensi membaca gambar teknik, kompetensi dasar medeskripsikan gambar teknik adalah: 

(1) Persentase hasil penilaian ahli materi (Dosen FT UNY) diperole h 81,94%; 

(2) Persentase hasil penilaian ahli materi (guru mata pelajaran) d iperoleh 86,11%; 

(3) Persentase hasil penilaian ahli media diperoleh 94,44%; 

(4) Pe rsentase hasil tanggapan pemakaian terbatas 1 diperoleh 81,05%; 

(5) Persentase hasil tanggapan pemakaian 

terbatas 2 diperoleh 77,03%; 

(6) persentase hasil tanggapan pemakaian lebih luas diperoleh 77,76%. 

Berdasarkan hasil penilaian para ahli dan tanggapan pemakaian yang diperoleh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Microsoft Office Powerpoint pada saat ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Refrensi:

https://core.ac.uk/download/pdf/33526452.pdf

Komentar